Sabtu, 18 April 2009

Hilang Kebo datang Keledai


Bersyukurlah hari hari berikutnya setelah si Kebo Putih meninggalkan kami ternyata saya punya juga tunggangan baru sebut saja si Keledai Itam. Keledai adalah binatang yang sudah mulai langka, barangkali tinggal hanya dalam cerita saja pada kehidupan jaman dulu orang di pedesaan. Kalau kuda memang binatang tunggangan dengan badan lebih besar juga bisa berlari kencang, dan binatang kerbau berbadan besar, bertenaga besar, tapi jalannya lelet maka para petani jaman dulu sering memanfaatkannya untuk menarik gerobak angkut atau untuk ngeluku sawah sebelum ditanami padi.

Sedangkan keledai badannya lebih kecil dari pada kuda dan lebih pendek, dia tidak bisa mengangkut beban berat dan juga tidak bisa beralari kencang, orang orang desa jaman dulu memanfaatkannya untuk mengangkut hasil bumi dengan jumlah terbatas dibawa ke kota untuk dijual, itupun si petaninya tidak kaik punggung si keledai tapi berjalan disampingnya sambil memegang tambang kendalinya. Ketika pulangnya baru si petani itu naik keledai ke desanya.

Tetapi memang si “Keledai Itam” ini sangat membantu keseharianku walaupun tidak bisa pergi terlalu jauh tapi nyaman ditunggangi dan makannya juga sangat irit sekali dan aku sangat menyukainya, maka tidak heran tiap hari kurawat selalu.

Akupun tetap percaya diri menunggangi si Keledai Itam ini walau orang-orang disekitarku mungkin bertanya-tanya kenapa aku tidak kelihatan menunggangi si Kebo Putih lagi, malah menunggangi keledai si binatang tua yang sudah langka….. ah aku tak hiraukan itu yang penting si keledai bisa mengantarku kemana saja, walau cucuku tidak lagi dapat pergi bersama-sama.

Dan aku sangat bersyukur aku punya anak-anak yang mengerti keadaanku dan memahami kondisi batinku hingga dibelikannya motor keledai itu untukku sehari-hari.

Yaa …. Alloh .. aku bersyukur atas karuniaMu, engkau telah berikan kami anak-anak yang sholeh dan sholehah limpahkanlah rezeki pada mereka anak-anak kami yaa Alloh….terima kasih yaa Alloh …. Terima kasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar